Tuesday, February 14, 2012

Segmentasi pasar



Banyaknya jenis-jenis pasar yang beredar saat ini menyebabkan adanya keanekaragaman dalam segala macam kebutuhan untuk memenuhi keinginan.


Menurut Solomon dan Elnora (2003:221), segmentasi adalah ”The process of dividing a larger market into smaller pieces based on one or more meaningful, shared characteristic” (Proses pembagian pasar yang lebih besar ke bagian yang lebih kecil berdasarkan beberapa karakteristik) 


Seacara garis besar segmentasi pasar merupakan proses membagi pasar ke bagian-bagian yang lebih khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memuaskan keinginan konsumen.


Tiga tahap strategi pemasaran :
1. Membagi pasar kedalam kelompok-kelompok
2. Memilih satu atau lebih target yang berdasarkan ciri khas khusus
3. Menentukan posisi produk 



Dasar Segementasi Pasar :
1. Segmentasi Geografis ---> pembagian berdasarkan tempat.segementasi ini beranggapan bahwa  orang yang tinggal didaerah yang sama memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama,dan berbeda dengan kebutuhan dan keinginan orang-orang yang tinggal didaerah berbeda

2. Segmentasi Demografis --->  berdasarkan usia,gender,status
perkawinan,pendapatan,pendidikan,dan pekerjaan, dsb.Segmentasi ini merupakan cara yang paling efektif  dari segi biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali target.Data yang didapatpun lebih mudah diukur .

3. Segmentasi Psikologis ---> berdasarkan karakteristik Psikologis (konsumen perorangan),Para konsumen dapat dibagi menurut motivasi,kepribadian,persepsi,pengetahuan dan sikap

4. Segmentasi Psikografis ---> Berbentuk riset konsumen (analisi gaya hidup),merupakan salahsatu segemn konsumen dapat dianggap sebagai gabungan berbagai kegiatan,minat,pendapat konsumen yang daat diukur



5. Segmentasi Sosial-Budaya ---> Berbagai variabel sosiologis dan antropologis ,sebagai contoh berabgai pasar konsumen telah berhasil dibagi lagi menjadi berbagai segemen berdasrkan tahap dalam siklus kehidupan keluarga,kelas sosial,nilai-nilai budaya inti,keanggotaan subbudaya,dll


6. Segmentasi Terkait Pemakaian ---> Menggolongkan konsumen menurut karakteristik produk,jasa,atau pemakaian merek,seperti tingkat pemakaian,tingakt kesadaran,dan tingkat kesetiaan terhadap merek


7. Segmentasi Situasi Pemakaian---> para pemasar memfokuskan pada situasi pemakaian sebagai salahsatu sebab segmentasi disebabkan oleh kesempatan atau situasi sering menentukan apa yang akan dibeli atau dikonsumsi para konsumen

8. Segmentasi Manfaat ---> berdasarkan manfaat dalam perubahan gaya hidup,lalu memberikan peluang bagi pemasar untuk memperkenalkan produk dan jasa baru,,segmentasi ini juga bermanfaat untuk mengatur posisi berbagai merek kedalam golongan produk yang sama.



9. Segmentasi Gabungan ---> 3 pendekatan segmentasi gabungan. 1) profil psikografis-demografis , 2) Segmentasi Geodemografis , 3) VALS (Value And Lifestyles)




Targeting

Menurut Solomon dan Elnora (2003:232), Target market ialah ”Group that a firm selects to turn into customers as a result of segmentation and targeting” 


targeting merupakan cara bagaimana sebuah perisahaan dapat membuat konsumen yang membeli dapat menjadi pelanggan sebagai hasil dari segmentasi dan penargetan.

dalam sebuah perusahaan ada 4 strategi dasar :
1. Undifferentiated targeting strategy, strategi ini menganggap suatu pasar sebagai satu pasar besar dengan kebutuhan yang serupa, sehingga hanya ada satu bauran pemasaran yang digunakan untuk melayani semua pasar.
Perusahaan mengandalkan produksi, distribusi, dan periklanan massa guna menciptakan citra superior di mata sebagian besar konsumen.

2. Differentiated targeting strategy, perusahaan menghasilkan produk-produk yang variatif dengan berbagai karakteristik yang berbeda.

3. Concentrated targeting strategy, perusahaan menawarkan produk yang dianggap paling banyak memiliki potensi pasar yang besar.

No comments:

Post a Comment