Sunday, February 5, 2012

DASAR DASAR PEMASARAN



Pemasaran berawal dari kata dasar PASAR yaitu tempat terjadinya transaksi/ komunikasi antara penjual dan pembeli tentang barang,jasa,institusi dan lain sebagainya dengan imbalan uang . Pasar yang merupakan tempat terjadinya transaksi memiliki sistem ataupun prosedur yang selalu berlaku didalamnya.
Sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

Pengertian pemasaran menurut beberapa ahli :

Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

jadi pemasaran merupakan suatu transaksi atau pertukaran  melalui kegiatan usaha yang bertujuan untuk menyebarluaskan barang atau jasa untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia .

Konsep dasar pemasaran 

Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. 

Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

1. Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

kesimpulan : semakin tinggi produksi barang dan semakin banyak barang tersedia dimanapun maka konsumen akan menyukai barang karena 

2. Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik
kesimpulan : semakin berkualitas suatu barang melalui penampilan yang baik pula maka konsumen akan menyukai barang yang diproduksi

3. Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

kesimpulan : produksi barang dijalankan tidak mengikuti keinginan atau kebutuhan konsumen,melainkan melalui promosi yang dilakukan secara terus-menerus oleh tombak perusahaan dilapangan (sales)

4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

kesimpulan : memproduksi barang secara masal , dengan kualitas yang maksimal tanpa meningkatkan harga pasaran secara berlebihan, yang paling penting sesuai target yang ingin dicapai.

5. Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

kesimpulan : sama hal'a seperti konsep pemasaran ditambahkan tetap melihat dan menguntungkan masayarakat sebagai konsumen (sesuai keinginan pasaran)

6. Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

kesimpulan : seluruh barang yang diproduksi multifungsi dalam segala aspek,baik masayarakt sebagai  konsumen maupun masayarakat sebagai distributor.semua dilakukan melalui observasi langsung.






sumber terkait :
www.wikipedia.com
www.google.com
http://gudangupil.com/pengertian-konsep-definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran/indo/)
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/)











No comments:

Post a Comment