Wednesday, April 11, 2012


PLACE
(TEMPAT)

Tidak kalah penting adalah mengenai dimana produk tersebut yang akan ditawarkan tersebut mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju. Secara historis, sebenarnya pemasaran dimulai dari distribusi komponen Place ini memegang peranan yang sangat penting dalam pemasaran. 

Place atau kalau diterjemahkan bisa berarti penempatan produk, distribusi atau penyebaran produk sangat menentukan keberhasilan pemasaran. Menawarkan produk yang benar, di tempat/lokasi yang benar dan pada masa yang benar, adalah tujuan kepada strategi ini. Bagaimana produk ditempatkan di kalangan pengguna, begitu jugalah penerimaan mereka. 

Bisa saja suatu produk terdistribusi sendirinya melalui dorongan periklanan yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam hal ini, konsumen atau pedagang akan mencari produk yang telah diiklankan tersebut. Hal ini banyak terjadi dalam kasus produk-produk fast moving .Namun distribusi produk ini tidak akan berjalan dengan cepat. Di samping itu produk Anda akan mudah digeser oleh produk lain yang didistribusikan oleh distributor dengan agresif. Sistem distribusi ini dikenal dengan sistem full distribution.

Manfaat komponen PLACE (tempat) :

- Konsumen mudah mendapatkan produk anda

Karena situasi dan kondisi tempat yang sudah terencana dan banyak produk-produk yang didistribusikan dengan baik sehingga membantu penyebaran produk lebih cepat.

- Availaibility atau ketersediaan produk.

Ketersediaan produk juga mengandung makna ketersebaran produk. Jika produk tersedia di suatu outlet, itu berarti produk tersebut terdistribusi lebih baik. Produk ada ‘di mana-mana’ sehingga mudah dicari konsumen.

-Impulse buying.

No comments:

Post a Comment