PLACE
(TEMPAT)
(TEMPAT)
Tidak kalah penting
adalah mengenai dimana produk tersebut yang akan ditawarkan tersebut mudah
ditemukan oleh target pasar yang dituju. Secara historis, sebenarnya
pemasaran dimulai dari distribusi komponen Place ini memegang peranan yang sangat
penting dalam pemasaran.
Place atau kalau diterjemahkan bisa berarti
penempatan produk, distribusi atau penyebaran produk sangat menentukan
keberhasilan pemasaran. Menawarkan produk yang benar, di
tempat/lokasi yang benar dan pada masa yang benar, adalah tujuan kepada
strategi ini. Bagaimana produk ditempatkan di kalangan pengguna, begitu jugalah
penerimaan mereka.
Bisa saja suatu produk terdistribusi sendirinya
melalui dorongan periklanan yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam hal ini,
konsumen atau pedagang akan mencari produk yang telah diiklankan tersebut. Hal
ini banyak terjadi dalam kasus produk-produk fast moving .Namun distribusi produk ini tidak
akan berjalan dengan cepat. Di samping itu produk Anda akan mudah digeser oleh
produk lain yang didistribusikan oleh distributor dengan agresif. Sistem
distribusi ini dikenal dengan sistem full distribution.
Manfaat komponen PLACE (tempat) :
- Konsumen mudah mendapatkan produk anda
- Konsumen mudah mendapatkan produk anda
Karena situasi dan kondisi
tempat yang sudah terencana dan banyak produk-produk yang didistribusikan
dengan baik sehingga membantu penyebaran produk lebih cepat.
- Availaibility atau
ketersediaan produk.
Ketersediaan produk juga
mengandung makna ketersebaran produk. Jika produk tersedia di suatu outlet, itu
berarti produk tersebut terdistribusi lebih baik. Produk ada ‘di mana-mana’
sehingga mudah dicari konsumen.
-Impulse buying.
Konsumen mungkin pada
mulanya tidak berencana membeli suatu produk, namun karena konsumen melihat
produk tersbeut di toko, timbul niat untuk membelinya.
sumber :http://infosky.wordpress.com/2008/04/11/strategi-pemasaran-4p3p/
http://wiryasaputra.blogspot.com/2009/07/place-dalam-marketing-mix.html
http://elqorni.wordpress.com/2008/05/03/marketing-mix-dan-promosi/
http://seminarmanajemenpemasaran.blogspot.com/2011/02/penerapan-promosi-marketing-mix.html
http://apngaza.8m.com/marketing/Bab7-Promotional%20Mix.htm
No comments:
Post a Comment